Serba-serbi Operasi Wasir

Serba-serbi Operasi Wasir

 Cara Menyembuhkan Wasir Stadium 2
Serba-serbi Operasi Wasir,- Pada beberapa kasus, penyakit wasir bisa ditangani dengan cara mengatur pola makan, menjaga kebersihan, dan mengubah kebiasaan BAB. Tapi bila sudah parah, penderita wasir harus menjalani tindakan operasi.

Jenis-jenis operasi wasir

Wasir yang sudah membengkak besar menyebabkan nyeri yang luar biasa dan perdarahan terus menerus. Bila kondisi ini terjadi, dianjurkan untuk dilakukan tindakan operasi. Ada beberapa pilihan operasi wasir yang bisa dipertimbangkan:
  • Hemoroidektomi
Selama operasi hemoroidektomi, dokter akan membuat potongan kecil di sekitar anus untuk mengangkat benjolan wasir. Hemoroidektomi adalah operasi kecil yang memerlukan bius separuh badan dan biasanya pasien bisa pulang selesai operasi.

Baca juga: Obat Wasir

Operasi hemomroidektomi akan menghilangkan nyeri, pembengkakan, dan rasa gatal yang disebabkan wasir. Tapi karena prosedurnya memerlukan jahitan, akan ada rasa tidak nyaman di daerah anus dalam jangka beberapa waktu.
  • PPH (Procedure for Prolapse and Hemorrhoids)
PPH adalah prosedur minimal invasif untuk mengobati wasir internal yang tidak dapat lagi ditangani oleh pengelolaan konservatif atau terapi non-operatif. Seringkali prosedur ini perlu dilakukan pada penderita dengan prolaps wasir internal, yaitu suatu kondisi ketika  wasir internal  turun dari lubang anus. Selama PPH, diperlukan perangkat operasi untuk reposisi wasir dan memotong aliran darahnya. Tanpa darah, wasir akhirnya layu dan mati. Prosedur ini juga membuat sisa wasir berada di  dalam anus yang  ujung sarafnya lebih sedikit, sehingga mengurangi rasa sakit.
Keuntungan dari prosedur ini adalah:
  • Tidak terlalu sakit
  • Penyembuhan lebih cepat
  • Sedikit perdarahan dan gatal
  • Komplikasi minimal
Selain itu terdapat penanganan lainnya untuk wasir, diantaranya adalah:

Prosedur Lain untuk Wasir

Selain operasi, ada beberapa prosedur untuk menghilangkan wasir:
  • Laser
Sebuah sinar laser khusus ditembakkan ke arah wasir untuk membakar jaringan wasir.
  • Rubber band ligation
Sebuah karet diikatkan di sekitar pangkal wasir untuk menghambat pasokan aliran darah dan memicu kematian jaringan. Prosedur ini dilakukan di daerah yang memiliki jaringan saraf paling sedikit untuk meminimalkan rasa sakit.
  • Skleroterapi
Sebuah larutan kimiawi disuntikkan di sekitar pembuluh darah yang akan menyusutkan benjolan wasir dan menghancurkannya.
Meskipun aman, berbagai operasi dan prosedur ini memiliki risiko. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu pada dokter untuk meminta saran prosedur yang tepat untuk Anda.

Sumber: Cara Menyembuhkan Wasir Stadium 2