Laki-laki yang Pernah Wasir Lebih Rentan Impotensi

Laki-laki yang Pernah Wasir Lebih Rentan Impotensi

 Cara Menyembuhkan Wasir Stadium 2
Laki-laki yang Pernah Wasir Lebih Rentan Impotensi,-  Punya wasir atau hemorrhoid memang tidak nyaman, duduk jadi tak enak dan kadang berdiri pun terasa ada yang menganjal. Apalagi menurut penelitian terbaru, wasir pada laki-laki bisa meningkatkan risiko impotensi atau disfungsi ereksi.

Hubungan antara wasir dan impotensi selama ini belum banyak diketahui. Namun baru-baru ini, para ilmuwan dari Taipei Medical University membuktikan bahwa laki-laki yang punya riwayat wasir cenderung mengalami peningkatan risiko gangguan ereksi.

Penelitian terhadap 6.310 penderita disfungsi ereksi menunjukkan, 24,9 persen punya riwayat pernah mengalami wasir. Tidak banyak memang, tetapi jauh lebih banyak dibanding riwayat wasir pada laki-laki tanpa gangguan ereksi yang hanya sekitar 14,2 persen.

Baca juga: Obat Wasir

Herng-Ching Lin yang memimpin penelitian ini mengungkapkan bahwa pengaruhnya paling teramati pada laki-laki di bawah usia 40 tahun. Peningkatan risiko disfungsi ereksi mencapai 2,3 kali lipat sementara pada usia di bawah 30 tahun, peningkatan bisa mencapai 3,7 kali lipat.

Disfungsi ereksi sebenarnya lebih banyak menyerang laki-laki pada usia yang lebih tua, hanya saja memang jarang dikaitkan dengan riwayat wasir. Diyakini, pada usia di atas 40 tahun pemicu disfungsi ereksi lebih berhubungan dengan kondisi hormonal dan faktor lainnya.

Sedangkan pada laki-laki muda, peningkatan risiko disfungsi ereksi pada penderita wasir juga belum diketahui pasti mekanismenya. Namun diyakini, pembengkakan pembuluh darah di anus bisa memicu iritasi pembuluh darah di daerah sekitarnya termasuk organ kelamin laki-laki.